Struktur Organisasi dan Pemerintahan

Dari segi Pemerintahan, Kantor Kecamatan Bungin merupakan salah satu unsur perangkat daerah yang dalam tupoksinya membantu Bupati dalam menangani sebahagian urusan otonomi yang ada di wilayahnya serta melaksanakan kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati Enrekang untuk mecapai tujuan dan sasaran kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dalam lingkup Kecamatan Bungin Selain tugas dimaksud diatas Kantor Kecamatan Bungin melalui Camat Bungin juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan berdasarkan Peraturan Bupati Enrekang Nomor 34 Tahun 2009 yang meliputi :

  • Pembinaan Idielogi Negara dan kesatuan Bangsa.
  • Pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat.
  • Pelaksanaan koordinasi dan pembinaan kesatuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) di wilayah kerjanya.
  • Pengkoordinasian kegiatan UPTD/Instansi Pemerintah diwilayah kerjanya.
  • Fasilitasi penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
  • Melakukan penilaian atas Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa/Lurah.
  • Fasilitasi penyelenggaraan kerjasama antar desa dan penyelesaian pertikaian/perselisihan antar desa.
  • Pelaksanaan kegiatan administrasi kependudukan
  • Pelaksanaan inventarisasi asset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang ada di wilayah kerjanya.
  • Penegakan dan pelaksanaan Peraturan Daerah dan Keputusan Bupati serta peraturan Perundang-undangan lainnya diwilayah kerjanya.
  • Perimbangan keuangan
  • Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan dan pertimbangan pengangkatan Lurah dan Sekretaris Desa.
  • Fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan pembangunan dan melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan diwilayah kerjanya.
  • Pengkoordinasian, pembinaan dan pengawasan serta pelaaporan langkah-langkah penanggulangan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  • Pembinaan dan pengembangan serta pemantauan kegiatan perindustrian, perdagangan pertambangan, kepariwisataan, perkoperasian, Usaha Mikro Kecil Menegah dan golongan ekonomi lemah, petrnakan, pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan.
  • Pengawasan penyaluran dan pengambilan kredit dalam rangka menunjang keberhasilan program peningkatan produksi pertanian.
  • Pencegahan pengambilan atas pengambilan Sumber Daya Alam tanpa izin yang dapat menganggu serta membahayakan lingkungan hidup
  • Pengkoordinasian pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat
  • Pembinaan dan pengawasan kegiatan program pendidikan generasi muda, keolahragaan, kebudayaan, pramuka serta peran serta wanita
  • Pelaksanaan ppenyuluhan program wajib belajar
  • Fasilitasi pendidikan Taman Kanak-Kanak dan TPA
  • Fasilitasi penyelenggaraan sarana pendidikan dan pelayanan kesehatan
  • Pembinaan dan pengawasan kegiatan Program Kesehatan Masyarakat
  • Pembinaan dan pembangunan ketenagakerjaan dan perburuhan
  • Pembinaan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  • Pembinaan organisasi sosial kemasyarakatan
  • Antisipasi dan penanggulangan dampak bencana alam dan pengungsi
  • Pengawasan atas tanah-tanah Negara dan tanah asset pemerintah daerah di wilayah kerjanya
  • Fasilitasi terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan untuk kepentingan umum
  • Fasilitasi dalam hal penempatan, peruntukan, proses pengalihan dan perubahan status tanah kekayaan desa serta pengalihan status tanah kekayaan desa yang berubah status menjadi kelurahan
  • Inventarisasi dan monitoring terhadap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar , tanah Negara bebas dan tanah endapan diwilayah kerjanya.

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi tersebut, Kantor Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang mempunyai struktur organisasi yang tercantum dalam susunan perangkat dan tata kerja kecamatan sebagai berikut :

-      Camat
–      Sekretaris Camat dengan 2 sub bagian :

  1. Sub bagian Perencanaan
  2. Sub Bagian Keuangan

-      5 Kepala Seksi :

  1. Seksi Pemerintahan
  2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban
  3. Seksi Umum
  4. Seksi Pembangunan
  5. Seksi Kesejahteraan Sosial

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya adalah ketersediaan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Secara internal kualitas dan kuantitas sumber daya manusia merupakan roda penggerak organisasi dalam pencapaian tujuan dan sasaran yang akan dicapai oleh suatu organisasi, sedangkan secara eksternal kualitas dan kuantitas diharapkan mampu memberikan output berupa pelayanan administrasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan kepada masyarakat dan unit kerja lainnya.

Untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi yang ada di Kantor Kecamatan Bungin terdapat dua orang perangkat dengan perincian sebagai berikut :

Visi Kantor Camat Bungin 2009-2013 adalah  “Muwujudkan Kantor Kecamatan Bungin sebagai pusat pelayanan yang tertib, berkualitas, partisipatif dan religius pada tahun 2013”

Untuk mewujudkan visi, maka misi yang diemban oleh Kantor Kecamatan Bungin adalah:

  1. Mengembangkan sistem pelayanan yang murah, terukur dan akuntabel dalam pengelolaan pelayanan administrasi yang bersifat kekinian.
  2. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan administrasi kegiatan-kegiatan pembangunan, pemerintahan dan kemsyarakatan kepada masyarakat dan unit kerja lainnya.
  3. Mendorong terciptanya prakarsa masyarakat melalui pemberdayan dalam bingkai kearifan lokal dalam perencanaan pelaksanaan dan pengawasan terhadap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan diwilayah Kecamatan Bungin.
  4. Mendorong terciptanya sinergitas pelaksanaan tugas dengan seluruh pemangku kepentingan se-Kecamatan Bungin baik secara vertikal maupun secara horisontal
  5. Mengembangkan penguatan perencanaan secara bottom up (dari bawah) yang berlandaskan pada asas kebutuhan wilayah dan skala prioritas.
  6. Mendorong masyarakat untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai religiusitas dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai modal dasar dalam peningkatan kualitas kewilayahan di Kecamatan Bungin.

Dalam mewujudkan visi dan misi Kantor Camat Bungin terus dibangun tatanan nilai sebagai unsur pembentuk jati diri dari setiap aparatur yang ada.Nilai-nilai religiusitas dan nilai-nilai budaya pada hakekatnya merupakan unsur yang dapat diselaraskan menjadi suatu irama harmonis yang mampu menjadi sumber inspirasi dan motivasi. Nilai-nilai religi dan budaya yang dapat dijadikan sumber semangat antara lain, ketuhanan,akhlak mulia, kejujuran, keadilan, kerakyatan, transparansi, sipakatau, sipakalebbi, sipangngingaran, siparampe; sikabudai; disisolai; tudang sipulung serta makkombong yang kesemuanya bermakna untuk selalu berlandaskan pada agama dan kearifan local dalam membangun sifat saling menghargai antar sesama manusia sebagai satu kesatuan masyarakat yang mengedepankan sifat kesetiakawanan sosial.

Dalam rangka usaha untuk melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan maka ditetapkan uraian tugas masing-masing jabatan structural dalam bentuk uraian tugas pokok dan fungsi kecamatan sebagai berikut :

  1. Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah
  2. Camat juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan meliputi :
    1. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
    2. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.
    3. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan.
    4. Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum.
    5. Mengoordinasikan penyelenggraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan.
    6. Membina penyelenggaraan pemerintahan desa atau kelurahan.

    Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.



     

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: