Beranda > PROFIL > Warga Bungin Bebas Pemadaman Bergilir

Warga Bungin Bebas Pemadaman Bergilir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab Enrekang) menjadikan Kecamatan Bungin sebagai kecamatan mandiri energi, sehingga warganya bebas dari pemadaman listrik bergilir PLN.Bupati Enrekang, Latinro Latunrung, menetapkan Bungin sebagai kecamatan mandiri energi pada perayaan HUT Ke-52 Kabupaten Enrekang, .Saat ini, kecamatan itu telah memiliki tiga Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) non-PLN.Karena itu, pemkab menetapkan kecamatan ini sebagai pilot project Kecamatan Mandiri Energi (KME).Di kecamatan ini, sebanyak 1.334 rumah menikmati listrik hasil produksi PLTMH non-PLN.PLTMH Bungin berkapasitas 90 KW melayani Desa Bungin, Desa Baruka, dan Desa Sawitto. Pembangunan PLTMH ini menelan biaya Rp 2,5 miliar yang bersumber dari APBN, APBD Sulsel, dan APBD Enrekang.Hingga awal tahun 2010, jumlah rumah yang sudah menikmati listrik dari PLTMH Bungin sebanyak 769 unit.PLTMH Tallang Rilau berkapasitas 62 KW melayani Desa Tallang Rilau, Desa Banua, dan Desa Bungin. Jumlah sambungan 306 unit rumah, setelah dibangun 2008 lalu.Sedangkan PLTMH Bulo atau Asaan dengan kapasitas 90 KW, melayani Desa Bulo dan Desa  Kadinge, Kecamatan Baraka, dengan sambungan rumah 259 unit. Dibangun tahun 2008 dengan sumber dana dari pemprov Rp 850 juta dan Pemkab Enrekang Rp 850 juta.Hal itu dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Enrekang M Amiruddin didampingi Kepala Dinas PU Enrekang Werang Umar, di Lapangan Abubakar Lambogo, Batili, akhir pekan lalu.

Kategori:PROFIL
  1. Nur Agus
    12 pukul 2:13 am

    Perlu diketahui bahwa memang tidak ada pemadaman bergilir tapi sering padam pada jam jam tertentu khususnya PLTMH Desa Bungin.pun juga sambaungan jauh. seperti Desa Baruka Desa Sawitto sebagian dan dusun Tallang Riaja sangat tidak menikmati Listrik dengan baik.. dikarenakan daerah yg jauh dari Pembangkit induk dikarenakan tidak adanya Trafo untuk menaikkan tegangan.. Para pelanggan menikmati lampu yang redup yang daya terangnya lebih terang dari ” palita”.

  2. 12 pukul 4:02 pm

    wah saya KKn di kecamatan BUNGIN ^_^… BUNGIN I’m coooooomiiiiiiiiii
    ng…..

  3. enjoyaja
    12 pukul 1:35 pm

    katax bungin banjir enerji ,,tapi kenyataannya tidak seperti itu khususx d dusun TL.riaja masyarakatx masi ada yang menggunakan palita karena lampunya tidak terang…apalagi d waktu-waktu puncak seperti pada jam – jam 18 ke atas……

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: